Selasa, 10 April 2018

Khasiat Manfaat Buah Manggis Sebagai Obat Alami

- Tumbuhku - Hallo sahabat Tumbuhku? Kali ini Tumbuhku akan membagikan tulisan terbaru lagi. Tulisan ini berjudul Khasiat Manfaat Buah Manggis Sebagai Obat Alami. Silahkan dibaca, lalu jangan lupa juga untuk membagikan tulisan ini. Langsung saja disimak baik-baik ya tulisan ini.

Manfaat manggis sebagai obat alami semakin dikenal masyarakat. Secara tradisional buah manggis adalah obat sariawan, wasir dan luka. Kulit buah biasanya dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan air rebusannya dapat digunakan sebagai obat tradisional. Buah manggis berwarna putih dan rasanya manis, sementara kulit tebal lapisan pelindungnya berwarana kemerah-merahan sedangkan kulit tipis diluarnya berwarna keunggu-unguan.
Pohon Manggis atau Garcinia mangostana L cukup banyak dijumpai di hutan tropis Asia Tenggara. Dari Asia Tenggara, tanaman ini menyebar ke daerah Amerika Tengah dan daerah tropis lainnya seperti Srilanka, Malagasi, Karibia, Hawaii dan Australia Utara. Di Indonesia manggis disebut dengan berbagai macam nama lokal seperti manggu (Jawa Barat), Manggus (Lampung), Manggusto (Sulawesi Utara), Manggista (Sumatera Barat).Pohon manggis dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai di ketinggian 1.000 m dpl. Pertumbuhan terbaik dicapai pada daerah dengan ketinggian 500-600 m dpl. Pohon manggis ini dapat berusia hingga 200 tahun.
Manfaat Kulit, Biji dan Buah Manggis
Manfaat buah manggis yang utama adalah kulitnya yang mengandung zat antioksidan bernama xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan.Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.
Jika tertarik untuk merasakan manfaatnya, buah manggis dapat langsung disantap setelah mengelupas kulit dan bijinya. Kemudian Anda dapat mengolah kulitnya.Caranya mudah, cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 – 3 kali sehari. Atau jika tidak ingin repot, Anda dapat juga membeli olahan kulit manggis yang mengandung zanthone dalam bentuk sirup yang cukup banyak tersedia di pasaran.
Selain kulit dan buah, ternyata biji manggis juga mengandung anti oksidan. Dengan segala manfaatnya maka tidak salah jika manggis mendapat gelar sebagai Queen of Fruits. Kita harus bersyukur, di daerah tropis ini cukup banyak tanaman buah yang memiliki banyak manfaat. Selain manggis, sirsak dan pepaya juga memiliki banyak manfaat.
Disqus Comments